Senin, 19 Januari 2009

Istilah-istilah populer tentang IT

CLIENT

Client adalah sisi pengguna dari sebuah sistem client/server. Ketika seseorang log on pada sebuah server, client dapat berupa orang tersebut, komputernya, atau software yang dijalankan.

CYBERSPACE

Cyberspace adalah istilah yang pertama kali digunakan oleh penulis fiksi ilmiah William Gibson pada novel Neuromancer. Gibson menggunakan istilah ini untuk menggambarkan istilah dunia virtual komputer yang dimasuki oleh toko pada novel tersebut. Sekarang, istilah cyberspace digunakan untuk mengacu kepada virtual reality, Internet, World Wide Web, dan sistem komputer lain yang menjadikan pengguna “terperangkap” di dalamnya

CYBERSQUATTING

Cybersquatting adalah pendaftaran alamat internet, yang potensial untuk dijual kepada yang berminat (yang paling ‘berhak’). Misalkan seseorang mendaftarkan alamat www.rcti.com, dan menjualnya kepada stasiun televisi RCTI.

DARPA

DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) adalah lembaga federal Amerika yang bertugas melakukan penelitian untuk Departemen Pertahanan. Pada saat didirikan, lembaga ini bernama ARPA dan karena didominasi dengan pekerjaan untuk keperluan pertahanan, namanya diubah menjadi DARPA. Penelitian yang dibiayai oleh DARPA ini merupakan awal ditemukannya teknologi yang sekarang disebut Internet. DARPA dibubarkan pada 1990, dan kembali menjadi ARPA. Lihat juga ARPA.

DCC

DCC (Direct Client to Client) adalah protokol yang digunakan pada IRC (Internet Relay Chat) yang memungkinkan pengguna untuk melakukan chat secara langsung tanpa melalui server IRC. Hal ini lebih menjamin privasi pembicaraan.

DDN

DDN (Defense Data Network) terdiri dari jaringan militer Amerika (MilNet) dan beberapa bagian Internet yang berada di bawah kendali Departemen Pertahanan Amerika. DDN dibuat pada tahun 1980an. DDN menyediakan komunikasi elektronik mendunia antar instalasi militer. DDN sering dijadikan sasaran hacker.

DEC

DEC (Digital Equipment Corporation) adalah salah satu produsen workstation, server, dan PC terkemuka. DEC juga mengembangkan salah satu mesin pencari (search engine) Internet yang bernama Alta Vista.

DHCP

DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah protokol yang secara dinamis mengalokasikan dan mengatur alamat-alamat IP. DHCP berjalan di antara komputer dan server DHCP untuk mengalokasikan dan memberikan alamat IP kepada komputer maupun membatasi waktu penggunaan alamat IP oleh komputer tersebut. Jika jatah waktu penggunaan alamat IP habis, maka komputer harus menghubungi server DHCP untuk mendapatkan alamat IP lagi.

DHTML

DHTML (dynamic HTML) adalah HTML dengan tambahan format-format khusus dan script untuk membuat halaman-halaman Web lebih interaktif. Meski baik Microsoft Internet Explorer 4.0 dan Netscape Communicator 4.0 mendukung fitur-fitur DHTML, kedua cara yang digunakan tidak kompatibel, sehingga sebuah halaman yang ditulis dengan DHTML mungkin terlihat baik pada salah satu browser tetapi tidak bisa dibuka dengan baik pada browser lainnya.

DNS

DNS (domain name sistem) adalah sistem yang menerjemahkan domain Internet, seperti www.microsoft.com menjadi alamat Internet, yaitu serangkaian nomor yang terlihat seperti 101.232.12.5. Istilah DNS berhubungan dengan konvensi untuk penamaan host pada Internet dan cara penangan nama-nama tersebut.

DOWNLOAD

Download adalah transfer data melalui jalur komunikasi digital dari sistem yang lebih besar atau pu sat (host atau server) ke sistem yang lebih kecil (client). kebalikan dari download adalah upload

Tidak ada komentar: